Search

Sedang Online

Terdapat 16 Tamu online

webmail -stikes

Banner

DOSEN STIKES GOMBONG IKUTI PELATIHAN ANALISIS DATA MODEL SEM

Sabtu, 18 November 2017 11:21
Cetak PDF

Menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, STIKes Muhammadiyah Gombong sebagai perguruan tinggi kesehatan yang selalu berkomitmen untuk menjadi yang terbaik di bidangnya melalui LP3M yang diketuai oleh H. Basirun Al Ummah, S.Pd. M.Kes  mengadakan pelatihan analisis data penelitian Awarness Structural Equation Modelling (SEM) bagi dosen STIKes Muhammadiyah Gombong Sabtu-Minggu 18-19 November 2017 di kampus setempat.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Ketua STIKes Muhammadiyah Gombong, Ibu Hj. Herniyatun, S.Kep,Ns, M.Kep, Sp. Mat menghadirkan pembicara Bapak Prof Dr. Siswoyo Haryono, dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan diikuti oleh 40 dosen dari Prodi DIII Kebidanan, DIII Keperawatan, S1 Farmasi dan S1 Keperawatan Profesi Ners.

Ketua LP3M H. Basirun diawal sambutan pertama menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman sehingga dosen mampu menggunakan aplikasi SEM dalam pengolahan data hasil penelitian multi variat. Selain itu penelitian di dunia pendidikan  merupakan ujung tombak dalam usahanya menggali dan menyebarkan informasi baru baik di skala nasional maupun internasional untuk mendukung setiap pengambilan kebijakan dan penentuan keputusan. Terlebih dalam suatu pengambilan sebuah kesimpulan terhadap kebutuhan di masa yang akan datang. Oleh karena itu menurut beliau agar penelitian kita mudah masuk dan diterima jurnal nasional ataupun internasional salah satunya dengan metode SEM.

Hj. Herniyatun dalam sambutannya menyampaikan STIKes Muhammadiyah Gombong akan terus berupaya meningkatkan mutu dengan meningkatkan Catur Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Melalui pelatihan ini beliau mengharapkan dapat meningkatkan motivasi dosen untuk terus melakukan penelitian, baik mandiri maupun berkelompok, serta meningkatkan kemampuan dosen dalam menganalisa data penelitian apalagi harapan besar beliau dosen STIKes Gombong kedepanya harus berpendidikan S3. “ STIKes Gombong harus terus berkembang baik dari sisi SDM maupun sarana dan prasarana, karena kalau tidak berkembang maka akan mati pelan-pelan tertinggal oleh perguruan tinggi lain” tegas beliau. Selain itu melalui pelatihan ini dosen juga diharapkan mampu memberikan bimbingan penelitian dengan lebih baik kepada mahasiswa.

Pada pelatihan analisis data penelitian kali ini LP3M STIKes Muhammadiyah Gombong mengambil topik "Paradigma baru dalam analisis data penelitian Structural Equation Modelling dengan Linear Structural Relationship (LISREL), Analisis of Moment Structures (AMOS) dan Visual Partial Least Square (VPLS), ". Structural Equation Modeling merupakan suatu teknik multivariat generasi kedua yang menggabungkan antara analisis faktor dan analisis jalur sehingga memungkinkan peneliti untuk menguji dan mengestimasi secara simultan hubungan antara multiple exegeneus dan endogeneus variabel dengan banyak indikator.



Info PMB

Banner

Polling

Polling Pelayanan Akademik tahun 2015/2016



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday82
mod_vvisit_counterYesterday46
mod_vvisit_counterThis week128
mod_vvisit_counterLast week695
mod_vvisit_counterThis month2863
mod_vvisit_counterLast month1766
mod_vvisit_counterAll1737659

Online (20 minutes ago): 2
Your IP: 54.196.38.114
,
Now is: 2018-07-23 22:19